Laman

Minggu, 13 Juni 2010

pclinuxos on AMD

sukses instal linux di pc ber- prossesor AMD duron 1100 gb sdram 256 mb dengan pclinuxos 2009.1 sebelumnya dijajal sama varian distro turunan ubuntu  tapi hasilnya slalu error! hanya knoppik pendeteksi hardware terhebat dari kubu debian dan pclinux os distro yg gwa rekomendasikan utuk keperluan berbagai pc baik under intel prosesor maupun AMD prosesor.. hmm check out!


adalah sebuah tantangan dari pc jadul dg spek prosessor AMD duron 1100 Gb. Memory SDRAM = 256 mb Hardisk 80 Gb saring dengan OS windows Xp. persiapan cara mengistall linux ke pc AMD  memang tidak semudah menginstal  ke pc yang berbasis Prossesor Intel, hal ini disebabkan memang dari awal projek kernel linux hanya di tujukan pada produk intel.

persiapan kepin cd distro yang akan di kontestkan adalah, Ubuntu super os 9.04 dan turunan dari ubuntu sendiri seperti Linux mint 7 Gloria, PC/OS open desktop 2009, Kubuntu10.4 LTS, Blankon linux 5.0. sebagai pembanding dari disto kubu slackware karena handal dari segi hacking jaringan seperti slitaz dan drweb dan sebagai penentu di gunakan distro live cd dari knoppix dari kubu debian dan pclinuxos 2009.1 dan sam linux dari kubu srpm. kenapa tidak memakai distro mandriva atau fedora dan open suse? karena ini adalah pengujian pada pendeteksi hardware sehingga yang diperlukan adalah distro livecd yang mana untuk kubu dari ubuntu semuanya merupakan distro live cd sehingga bisa langsung di boot.

lama pengujian hampir satu hari dengan lama kendala adalah dari disrto turunan ubuntu yang menyatakan "device error" atau "squash file sistem error" yang intinya pc dengan spek hardware AMD belum bisa di gunakan dengan benar. lain halnya dengan distro dr web dan slitaz, pada saat awal boot livecd beberapa saat kemudian sistem halted tanpa ada pemberi tahuan messege. akhirnya  dengan sdikit putus asa saya gunakan distro knoppix 3,8 dan akhirnya pendeteksian hardware berjalan mulus. mantab! kemudian saya gunakan distro samlinux dan pclinux os  karena pada dasarnya distro ini masih bersaudara dan ternyata pendeteksian hardware berjalan mulus sebagai distro livecd.

Pada akhirnya saya memilik PClinuxos  2009.1 karena selain distro ini ringan, mudah untuk di update karena menggunaman synaptic dan program yang disertakan tidak terlalu "obstole" dan pada akhirnya si pemilik pc ini puas dan bangga.

1 komentar:

give your comment please...