Laman

Kamis, 06 Desember 2007

corelDRAW Abeeess!!!



Mari Menggambar! mari mari mari....

Yah ajakan seperti itu sering kita dengan ketika kita dibangku TK (taman kanak-kanak). Dulu guru guru TK kita selalu mengajarkan bagaimana caranya menggambar sebuah benda tau bahkan pemandangan lengkap dengan dua gunung dan matahari terbit di tengahnya. Dan hamparan sawah yang berpetak-petak yang digambarkan garis lurus secara vertikal dan horizontal. bayangan burung-burung tergambar di depan cahaya matahari terbit, mengepakan sayap-sayap yang lucu digambarkannya, Sekilas Intermezzo...

Dan yang ini topiknya adalah total menggambar dengan bantuan software corelDRAW! kenapa?! karena corelDRAW merupakan software tool yang lengkap dan hebat. (ceritakan AKu) Dulu ketika awal-awal saya memiliki sebuah komputer (semasa kuliah di jogja), yang dibenak saya pertama kali adalah mencari software aplikasi corelDRAW. karena dulu isue pembajakan dan software bajakan kurang santer terdengar. Jadi dulu dijogja itu banyak jasa rental yang menyewakan software-software dengan jaminan kartu mahasiswa atau menjadi member terlebih dahulu. singkat cerita saya meminjam beberapa software yang salah satunya adalah corelDRAW. setelah saya install waktu itu versi yang terbaik adalah versi 8 dan versi 9 walaupun versi 10 yang ada R.A.V.E nya sudah direalish. Dan kebetulan saya menggunakan corelDRAW 8 yang kata orang-orang yang berpengalaman penuh dengan desain mendesain software corelDRAW adalah yang terhebat. Ringan dan stabil karena untuk aplikasi drawing memerlukan spec komputer yang hi-end dulu setara PIII. Sedangkan corelDRAW 9 hanya sedikit perubahannya karena hanya menyesuaikan dengan perkembangan os windows kali. untuk corelDRAW 10 setelah saya coba ternyata banyak yang menyebalkan. dari priorita spec komputer yang lebih tinggi yang disetarakan dengan windows me pada waktu itu, ternyata versi 10 itu lebih banyak bugg nya. dan saya katakan corelDRAW 10 not recomended!
Balik lagi kecerita setelah install corelDRAW 8 langsung belajar autodidak, karena interst saya sangat tinggi saya berani mengutak-katik corelDRAW tersebut. ga' puas dengan megkutak-katik saya kemudian coba jalan ke Gramedia Toko Buku dan saya menemukan boku yang membahas tentang mendesain dengan corelDRAW dan Photoshopuntuk usaha bisnis karangan Tatsu maki, terimakasih tutorial yang berapa pada buku itu sangat membantu saya untuk lebih mahirlagi menggambar dengan corelDRAW!.

Kagum dengan corelDRAW.
Bagi saya corelDRAW adalah program wajib untuk menggambar sketsa, bentuk, object, logo segalanya wah-wah-wah. mungkin memang dasarnya pertama dan seterusnya saya gunakan corelDRAW maka serasa mudah untuk digunakan dengan tool-tool yang tersedia dan effect-effect yang ada saya bisa berkreasi desain sesuka hati atau pun sesuai pesanan. hingga sekarang corelDRAW sudah versi x3 (13) dan saya rasa versi x3 sangat-sangat powerfull dengan digabungkannya tool powertrace kedalam corelDRAW itu sangat memudahkan seperti menggambar ala kartun wajah hanya dengan menggunakan trece, atau bila ada logo yang berbentuk file jpeg atau yang ber type raster cukup gunakan tracing 100 % atau sesuai dengan kedalaman warna.
Fitur baru yang sangat terasa adalah fitur 3d/bevel embose yang kini tidak perlu menconfert ke bitmap dulu dan bisa langsung dengan menggunakan effect bevel embos tersebut. Ada lagi fitur tool text to phat yang di corelDRAW sebelumnya terasa agak sulit untuk nge-pasin sesuai dengan keinginan kita, sekarang di corelDRAW X3 sangat mudah meng-customizing-nya. karena sangat banyak tool yang baru pada x3 untuk mengetahuinya coba chek pada menu bar >help>highligth new since... disitu ada pilihan highligth dari versi 7 .
pengalaman saya dari corelDRAW 5,7,8,9,10,11,12,x3 yang paling mengesankan adalah versi 8 dan versi 13 TOP banget. recomended!

Kekurangan corelDRAW!
Selama saya mencoba menggunakan corelDRAW dari semua versi yang saya coba ada beberapa yang sangat mengganggu saya, seperti kompatibilitas antar semua versi sehingga untuk sharing dengan versi sebelumnya harus di turunkan terlebih dahulu pada versi yang dituju . corelDRAW x3 sangat memakan resource sehingga untuk proses seperti effect 3f/bevel embos kadang menjadi hang! akan tetapi dari semua itu saya cukup puas menggunakan corelDRAW x3 karena banyak caranya untuk membuat kerjaan kita di corelDRAW menjadi lebih mudah dan tetap stabil walaupun dengan spec komputer yang pas-pasan banget.
Next time akan ada bagi bagi tips trik seputar corelDRAW all version dan tutorialnya sekalian. tapi untuk kali ini saya cukupkan sekian karena sekarang waktunya go home kan bentar lagi waktu pulang... bye bye...

2 komentar:

  1. Wow, thanks infonya mengenai corel x3 ini, saya jg mau belajar nihh..

    iseng iseng search di google, ketemu blog ini, saya komen deeh. hehhehe

    keep contact om !! ;)

    BalasHapus
  2. Setunyu..., eh setuju banget mas...! emang Corel Draw programm wajib bagi yang seneng gambar, bisa buat gambar apa aja..., tentunya yang berbasis vektor.
    Aku aja kalo habis install komputer program yang pertama kali ku install adalah Corel. pokoknya Corel Draw cakep abis....
    lam kenal dari netter23

    BalasHapus

give your comment please...