Laman

Sabtu, 03 Juli 2010

> Trik sederhana membuat walpaper di HP dg GIMP !!

Cara mencustomize wallpaper di pc untuk dipasang di walpaper handphone dengan GIMP! sederhana saja intinya hanya memperkecil ukuran dari pc  yang layarnya berkisar 800x600 pixel sampe 1024x768 pixel keatas di perkecil menjadi seukuran layar hp antara 432x324 pixel.

Pada umumnya  handphone memiliki ukuran 400x300 pixel sampe 600x400 pixel sesuai bentuk dan jenis hp nya. berikut trik yang saya gunakan untuk memperkecil ukuran atau yang di sebut scale image.

sebelumnya yang harus di perhatikan adalah koneksi antara hp dan pc. minimal ada koneksi via kabel data atau bluetooth. untuk bahasan ini saya anggap sudah paham untuk mengkoneksikan antara hp dan pc.


Langkah pertama> buka GIMP dan cari sumber file gambar yang akan di gunakan. file > open (ctrl+o) = open image dialog box.

langkah kedua >image> scale image = sampe keluar dialog box
lalu isikan pada dialog imange size sesuai ukuran screen misalkan width=432 dan height=324. 
Bila ukuran file asli tedak presisi, maka link ber icon rantai di clik sampai terlihat icon rantai terputus. jika sudah langsung clik > scale







Langkah ketiga >file>save as (shift+ctrl+s) dan langsung saja di simpan pada directori memory yang ada pada hp dan disimpan pada folder photo (sesuai penamaan di direktori masing masing hp).
Jangan lupa ganti file extensionnya menjadi *jpeg atau *jpg (karena default GIMP adalah *png) kemudian clik > save dan akan muncul dialog box "save as JPEG" kemudian clik >save.







Selanjutnya langkah terakhir seting di hp untuk dijadikan wallaper atau sceen saver!! mudah bukan?! so better you trayin!!



note:  
untuk menjadi bagus tidak perlu saftware yang mahal apa lagi harus membeli ber dolar-dolar. Solusi murah hebat dan efisien adalah gunakan open source software yang berlisensi GPL (general Public Licensi www.gnu.org/licenses/gpl.html)
Ubuntu superOS adalah sebuah distro Linux yang modern berbasis debian. kehandalan sistem sudah teruji. kekayaan aplikasi sangat banyak. audio, video, grafis complite!! more info superubuntu.linuxfreedom.com/
Blog ini dibuat under OS ubuntu lucid lynx LTS +  ubuntu tweak dimana aplikasi didalamnya adalah open source software / GPL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give your comment please...